INTERNET

A.PENGERTIAN DAN SEJARAH INTERNET
IB

Pengertian internet. Internet atau kependekan dari interconnection-networking merupakan seluruh jaringan komputer yang saling terhubung dengan menggunakan suatu standar sistem global Transmission Control Protocol/Internet Protocol Suite (TCP/IP) yang digunakan sebagai protokol pertukaran paket untuk melayani miliaran pengguna yang terdapat di seluruh dunia. Rangkaian internet yang terbesar tersebut dinamakan dengan Internet. Cara menghubungkan rangkaian dengan menggunakan kaidah ini dinamakan dengan internetworking (“antarjaringan”).

Sejarah internet. Internet merupakan suatu jaringan komputer yang sebelumnya sudah dibentuk oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat pada tahun 1969, melalui suatu proyek ARPA yang disebut dengan ARPANET. ARPANET merupakan kepanjangan dari Advanced Research Project Agency Network, di mana mereka akan mendemonstrasikan bagaimana caranya suatu hardware dan software komputer yang memiliki basis UNIX dapat melakukan suatu komunikasi dalam jarak yang tidak terhingga melalui saluran telepon.

Proyek ARPANET merancang merancang bentuk dari suatu jaringan, kehandalan, seberapa besar informasi tersebut dapat dipindahkan, dan akhirnya semua standar yang telah mereka tentukan sekaranb menjadi sebuah cikal bakal pembangunan protokol baru yang dikenal sebagai TCP/IP.

Tujuan awal proyek tersebut dibangun adalah untuk keperluan militer saja. Pada saat itu ARPANET dibuat sebagai suatu sistem jaringan komputer yang dapat tersebar dengan menghubungkan komputer yang berada pada daerah-daerah vital untuk mengatasi berbagai masalah apabila terjadi berbagai serangan seperti serangan nuklir serta untuk menghindari terjadinya informasi terpusat, apabila terjadi suatu perang pada daerah tersebut dapat mudah untuk dihancurkan.

Pada mulanya ARPANET hanya dapat menghubungkan 4 situs saja, di mana mereka membentuk satu jaringan yang terpadu pada tahun 1969 dan secara umum ARPANET telah diperkenalkan pada bulan Oktober 1972. Tidak lama kemudian proyek ARPANET tersebut berkembang sangat pesat di seluruh daerah, dan semua universitas ingin bergabung dengan ARPANET, sehingga membuat ARPANET mengalami kesulitan dalam mengaturnya.

Oleh sebab itu, ARPANET kemudian pecah manjadi dua, yaitu “MILNET” yang digunakan sebagai keperluan militer dan “ARPANET” baru yang lebih kecil yang digunakan sebagai keperluan non-militer. Gabungan kedua jaringan tersebut akhirnya mulai dikenal dengan nama DARPA Internet yang kemudian telah disederhanakan menjadi Internet.
B.INTERNET BROADBAND DAN JENISNYA
Sering kita mendengar kata broadband di iklan-iklan ketika operator GSM sedang mempromosikan produknya ditelevisi atau media lainnya, tapi kita sendiri masih bingun sebenarnya apa yang dimaksud broadband tersebut??, padahal sebagian besar penduduk Indonesia telah menggunakan teknologi ini. Lalu, apakah broadband itu?. Broadband merupakan sebuah teknologi komunikasi yang menyediakan layanan berupa streaming audio maupun video dan biasanya kita menggunakanya pada web-web yang mempunyai konten streaming. Adapun pengertian secara globalnya biasa disebut “Transmission capacity and speed to allow interactive high-quality full-motion video, data and voice applications simultaneously via one pipe” atau “Kapasitas Transmisi dan kecepatan untuk memungkinkan video interaktif berkualitas tinggi full-motion, data dan aplikasi suara secara bersamaan melalui satu pipa”. Maksudnya,pada teknologi ini jaringan atau channel komunikasi data yang mendukung frekuensi pita lebar sehingga dapat memuluskan jalannya data audio dan video agar signal tidak terputus-putus pada saat diterima oleh komputer

PENGERTIAN BROADBAND
internet (1)

Broadband atau akses Internet kecepatan tinggi memungkinkan pengguna untuk mengakses internet dan layanan internet yang berhubungan dengan kecepatan jauh lebih tinggi daripada yang tersedia melalui “dial-up” layanan akses Internet. Kecepatan Broadband sangat beragam tergantung pada jenis tertentu dan tingkat pelayanan memerintahkan dan dapat mulai dari serendah 200 kilobit per detik (kbps), atau 200.000 bit per detik, untuk enam megabits per detik (Mbps), atau 6.000.000 bit per detik. Beberapa persembahan terbaru bahkan menyertakan 50 sampai 100 Mbps. layanan Broadband untuk konsumen perumahan biasanya memberikan kecepatan lebih cepat hilir (dari Internet ke komputer Anda) daripada kecepatan upstream (dari komputer anda ke Internet). Broadband dapat dikatakan koneksi yang cukup ekonomis, karena dengan membayarbiaya yang relatif murah, Anda bisa mendapatkan koneksi Internet yang cukup cepatmeski tidak seterusnya bisa demikian. Dengan biaya yang tidak terlalu besar, Anda bisamenjalankan berbagai macam aplikasi boros bandwidth, namun tidak dijaminkelancarannya ketika banyak pengguna sedang terkoneksi. Selain itu, coverage area dari koneksi broadband juga sering menjadi kelemahannya.Area coverage dari teknologi ini memang belum bisa terlalu luas karena memang adaketerbatasan teknis

CARA KERJA BROADBAND

Broadband memungkinkan pengguna untuk mengakses informasi melalui Internet dengan menggunakan salah satu dari beberapa teknologi transmisi berkecepatan tinggi.Transmisi digital, yang berarti teks yang, gambar, dan suara semua ditransmisikan sebagai “bit” data. Teknologi transmisi yang membuat kemungkinan pindah broadband bit-bit jauh lebih cepat daripada telepon tradisional atau koneksi nirkabel, termasuk tradisional koneksi dial-up akses Internet.

JENIS-JENIS BROADBAND

Koneksi ADSL

ADSL bekerja dengan membelah saluran sinyal telepon menjadi dua saluran terpisah, satu untuk penggunaan suara normal, dan yang lainnya untuk data pemakaian. Hal ini dicapai dengan menempatan splitter(mikro-filter) pada saluran telepon yang ada untuk memungkinkan komunikasi multi-frekuensi(suara dan data). Sebuah keuntungan besar memiliki line ADSL karena panggilan tidak akan hilang saat sedang online, seperti suara an data dapat ditransfer pada waktu yang sama. ADSL (Asymmetric Digital Subscribers Line) koneksi menjadi lebih dan lebih banyak tersedia dan dapat menyediakan koneksi internet yang sangat baik. Hubungan kerja dengan memisahkan saluran telepon Anda menjadi dua saluran terpisah, satu untuk data (internet) dan satu untuk suara (panggilan telepon), yang berarti Anda dapat berbicara di telepon dan dihubungkan ke internet pada saat yang sama.
Anda akan sering melihat layanan koneksi ADSL diiklankan sebagai memiliki spesifikasi kecepatan yang berbeda, di bawah ini adalah beberapa konfigurasi umum:

• 256Kbps/128Kbps

• 512Kbps/128Kbps

• 1Mbps/256Kbps

• 2Mbps/512Kbps

• 8Mbps/1024Kbps

Perhatikan ada dua nilai untuk konfigurasi masing-masing, angka pertama menyatakan kecepatan download dan angka kedua adalah maksimum kecepatan upload.

Sebagai contoh mari kita ambil 512Kbps/128Kbps konfigurasi kedua, ini berarti bahwa Anda berpotensi dapat men-download data pada kecepatan 512Kbps dan upload data pada 128Kbps. contoh yang paling penting adalah kecepatan download, ini menggambarkan berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk menampilkan suatu halaman web, men-download file musik atau lampiran email.

Sebagai contoh bagaimana kecepatan download berbeda dapat mempengaruhi koneksi Anda, di bawah ini adalah beberapa contoh untuk memberikan gambaran mengenai perbedaan:
Rata-rata Halaman Web (50 Kilobyte termasuk gambar)

• kecepatan 256Kbps download – sekitar 1,56 detik untuk melihat halaman.

• kecepatan 512Kbps download – sekitar 0,78 detik untuk melihat halaman.

• kecepatan 1Mbps download – sekitar 0,39 detik untuk melihat halaman.

• kecepatan 2Mbps download – sekitar 0,195 detik untuk melihat halaman.

• kecepatan 8Mbps download – sekitar 0,048 detik untuk melihat halaman.

Rata-rata file MP3 (file musik) (4 Megabyte)

• kecepatan 256Kbps download – sekitar 2 menit dan 8 detik untuk men-download.

• kecepatan 512Kbps download – sekitar 1 menit dan 4 detik untuk men-download.

• kecepatan 1Mbps download – sekitar 32 detik untuk men-download.

• kecepatan 2Mbps download – sekitar 16 detik untuk men-download.

• kecepatan 8Mbps download – sekitar 4 detik untuk men-download.
Angka di atas hanya teoritis, karena ada banyak faktor lain yang menentukan kecepatan download nyata, seperti kecepatan server / host Anda men-download dari. ADSL menawarkan kinerja yang luar biasa dibandingkan dengan standar koneksi dial-up dan menjadi pilihan pertama bagi pelanggan internet broadband.

Kebanyakan ISP yang menawarkan paket ADSL membebankan biaya bulanan flat, yang biasanya mencakup sejumlah bandwidth setiap bulannya. bandwidth ini mengacu pada jumlah data (halaman web, musik, video, dll) Anda dapat men-download per bulan tanpa menimbulkan biaya tambahan dari penyedia layanan internet.
Koneksi ADSL Pro

Terlepas dari keuntungan kecepatan koneksi ADSL jelas bahwa menawarkan, teknologi ADSL menghilangkan kebutuhan untuk saluran telepon kedua dengan memungkinkan transfer suara dan data pada saat yang sama (Anda dapat menggunakan telepon sebagai sementara biasa terhubung ke internet).

Karena ADSL transfer data digital menghilangkan overhead kinerja yang biasa berhubungan dengan standar koneksi dial-up, dengan kata lain ADSL tidak perlu mengkonversi data dari digital ke analog dan kembali lagi.

Koneksi ADSL Cons

Koneksi ADSL tidak tersedia untuk semua orang, Anda harus selalu memastikan bahwa Anda berada dalam jangkauan ADSL di daerah Anda (ISP akan memeriksa untuk Anda).Biaya perangkat keras dapat menjadi cukup signifikan karena anda akan memerlukan modem ADSL khusus dan filter ADSL untuk menggunakan layanan ini. Kebanyakan ISP memungkinkan Anda untuk menyewa barang-barang yang dapat mengurangi biaya awal. Karena sambungan ADSL memerlukan firewall untuk melindungi PC Anda.

Koneksi dial-up

koneksi Dial-up adalah salah satu jenis koneksi internet yang tersedia dari ISP, mereka adalah yang paling lambat dan (biasanya) yang paling murah. Koneksi dial-up memungkinkan Anda untuk terhubung ke internet melalui server lokal menggunakan modem standar 56k. PC Anda benar-benar cepat (maka nama) nomor telepon (yang disediakan oleh ISP Anda) dan menghubungkan ke server dan karena itu internet. Setelah terhubung anda dapat memanfaatkan semua aspek internet, kelemahan dengan koneksi dial-up adalah kecepatan. 56k Modem standar secara teoritis dapat mentransfer data 56 kilobit per detik, ini berarti bahwa Anda dapat (lagi secara teoritis) transfer hingga 7 Kilobyte kedua (walaupun untuk mendapatkan 7k penuh dekat karena tidak mungkin untuk biaya overhead kompresi). Ketika Anda menganggap bahwa rata-rata halaman web termasuk gambar adalah sekitar 50 Kilobyte, ini berarti akan memakan waktu sekitar 7 detik untuk halaman web untuk sepenuhnya beban pada browser Anda.
Di atas ini, sebagian besar (walaupun tidak semua) penyedia layanan butuh beberapa menit untuk koneksi dial-up Anda, sehingga cukup lama waktu yang dibutuhkan untuk memuat halaman yang Anda kunjungi, semakin banyak membayar untuk koneksi ,biaya biasanya sama seperti yang Anda akan membayar untuk panggilan telepon lokal.

Koneksi dial-up Pro
koneksi Dial-up bisa sangat ekonomis dan tersedia secara luas, biaya per menit adalah sebanding dengan panggilan telepon lokal, atau harga sebagai rencana bulanan yang akan mencakup waktu tertentu. Seperti koneksi menggunakan modem standar biaya hardware yang minimal, paling modern laptop memiliki built-in 56K modem.
Kenyataan bahwa Anda hanya memerlukan saluran telepon standar untuk terhubung membuat koneksi dial-up yang besar bagi ketika Anda berpindah tempat, terutama jika Anda menemukan diri di lokasi tanpa jalur koneksi WIFI.
Koneksi dial-up Cons
koneksi Dial-up sangat lambat dibandingkan dengan jenis sambungan lain. Saat tersambung ke internet saluran telepon yang sama tidak dapat digunakan untuk panggilan telepon, jadi jika ada telepon Anda ketika Anda terhubung mereka akan mendapatkan sinyal sibuk.
koneksi Dial-up transfer data melalui saluran analog sehingga sebelum data tersebut dikirim itu harus dikonversi dari digital ke analog, juga ketika data diterima itu harus dikonversi dari analog ke digital, ini menambahkan overhead kinerja yang mempengaruhi kecepatan koneksi.

Koneksi Kabel

Kabel sambungan dianggap salah satu jenis koneksi internet terbaik tersedia untuk pengguna rumahan, mereka menawarkan koneksi sangat cepat dan handal dengan biaya bulanan yang tetap.
Perusahaan kabel biasanya menawarkan paket yang berbeda untuk memenuhi pelanggan internet yang berbeda, seperti halnya dengan semua koneksi internet, akan tergantung pada bagaimana kita berniat untuk menggunakan internet.
Paket-paket yang berbeda akan menawarkan spesifikasi kecepatan yang berbeda dan batas bandwidth.
Karena koneksi kabel menggunakan medium yang sama sekali terpisah untuk transfer data itu tidak mempengaruhi kemampuan Anda untuk membuat / menerima panggilan telepon.

Koneksi kabel Pro
Kecepatan adalah alasan utama untuk memiliki sambungan kabel, dengan kecepatan yang sangat tinggi paket yang tersedia, pilihan yang sangat baik bagi mereka yang tidak suka menunggu sekitar menekan jari-jari mereka saat men-download file-file besar seperti musik atau lampiran besar. Seperti koneksi ADSL, koneksi kabel transfer data digital, untuk menghilangkan overhead / analog konversi digital. Koneksi kabel yang Selalu aktif, menghilangkan menunggu lama untuk membuat koneksi.

Koneksi kabel Cons
Koneksi kabel tidak tersedia di setiap area, Anda akan perlu menghubungi perusahaan kabel pilihan Anda untuk memastikan bahwa Anda berada dalam jangkauan. Dan dalam menggunakan koneksi kabek ini diperlukan proteksi dengan firewall maupun antivirus ntu melindungi PC dari bahaya.

Koneksi Wireless

Wireless broadband kecepatan tinggi layanan Internet melalui teknologi nirkabel. Broadband nirkabel tersedia diwarung internet, lokal”hot spot” di dalam banyak kota, perusahaan-perusahaan swasta dan rumah-rumah.Keuntungan dari broadband nirkabel adalah bahwa komputer menerima sinyal Internet tidak perlu ditambatkan oleh Ethernet atau jaringan kabel untuk broadband modem atau router. Sebuah modem wireless/nirkabel broadband menerima layanan dan memancarkan melalui gelombang radio ke wilayah sekitarnya langsung. Setiap komputer yang dilengkapi dengan kapasitas nirkabel dalam menerima jarak dapat menangkap sinyal, membuat Internet ‘portabel. Cara yang paling umum untuk mengambil keuntungan dari broadband nirkabel adalah dengan menggunakan komputer laptop. Anda akan membutuhkan adaptor broadband nirkabel, yang umum tersedia dalam format (PC)kartu komputer portabel kartu. Ini adalah kartu kredit kecil gaya perangkat yang tergelincir ke port eksternal pada laptop. Dengan sedikit konfigurasi perangkat lunak, laptop akan mulai mencari sinyal broadband nirkabel.Setelah terdeteksi diperlukan antara laptop dan jaringan. Jika jaringan tidak dilindungi oleh sandi/password yang aman atau protokol firewall lainnya, laptop akan dapat terhubung ke sinyal broadband nirkabel.

Di warung internet dan area akses publik, kadang-kadang ada biaya diperlukan sebelum laptop diberikan akses nirkabel. Namun, banyak kota telah terpasang broadband nirkabel sebagai rasa hormat kepada warga mereka, dan akses publik adalah gratis. Anda mungkin perlu menemukan tempat yang tepat di dalam kota untuk mendapatkan akses, sebagai mendapatkan sinyal lemah semakin jauh mereka melakukan perjalanan dari sumbernya.

Karena broadband nirkabel ditularkan melalui gelombang radio, password yang aman dan firewall digunakan pada jaringan swasta untuk memastikan orang yang tidak berhak tidak dapat terhubung ke jaringan. pengguna yang tidak diinginkan dapat memperlambat lalu lintas jaringan dengan menggunakan sumber daya bandwidth, dan dapat menciptakan masalah yang lebih serius lainnya. Pengguna rumahan dengan broadband nirkabel juga sangat disarankan untuk menginstal langkah-langkah keamanan. Pengguna luar yang dapat terhubung melalui layanan nirkabel broadband pribadi mungkin digunakan untuk download materi ilegal atau melakukan kejahatan online lainnya .

Untuk mengatur perangkat keras untuk jaringan nirkabel, diperlukan modem broadband nirkabel, router dan switch, yang bisa dikombinasikan dalam sebuah perangkat murah tunggal. Sebuah saluran telepon diperlukan untuk layanan, Digital Subscriber Line ( DSL ) sementara televisi kabel diperlukan untuk broadband kabel. desktop biasanya berfungsi sebagai komputer utama di mana perangkat yang terhubung. Ada kabel fisik yang harus dijalankan dari modem broadband nirkabel untuk desktop, tetapi sinyal internet itu sendiri disiarkan secara nirkabel dan dapat diambil oleh remote komputer atau laptop di dalam rumah atau kantor.

Koneksi Satelit

Sama seperti satelit yang mengorbit bumi menyediakan link yang diperlukan untuk layanan telepon dan televisi, mereka juga dapat memberikan link untuk layanan broadband.Broadband satelit adalah bentuk lain dari broadband nirkabel dan sangat berguna untuk melayani daerah berpenduduk jauh atau jarang.

Hulu hilir dan kecepatan untuk broadband satelit tergantung pada beberapa faktor, termasuk paket penyedia dan jasa yang dibeli, garis konsumen penglihatan ke satelit yang mengorbit, dan cuaca. Satelit bisa terganggu dalam kondisi cuaca ekstrim. Biasanya konsumen dapat mengharapkan untuk menerima (download) pada kecepatan sekitar 1 Mbps dan mengirim (upload) pada kecepatan sekitar 200 kbps. Kecepatan ini mungkin lebih lambat dari DSL dan modem kabel, namun kecepatan download masih jauh lebih cepat dari kecepatan download dengan dial-up akses Internet.

Mendapatkan satelit broadband dapat lebih mahal dan terlibat daripada memperoleh modem DSL atau kabel. Seorang pengguna harus memiliki:

• stasiun kaki piring atau basa dua atau tiga – item yang paling mahal;

• Internet satelit modem; dan

• garis yang jelas terlihat ke satelit provider.

Untuk mengetahui apakah satelit broadband tersedia untuk rumah Anda, perusahaan broadband menghubungi satelit atau komisi pelayanan publik negara Anda.

Broadband GSM

Broadband dengan GSM. GSM dengan tekhnologi 3G ( UMTS) , 3.5 G (HSDPA) salah satu sistem koneksi internet yang banyak dipakai saat ini. Dengan banyaknya operator yang telah mendukung maka sitem ini salah satu yang diminai. Operator Telkomsel , Indosat , XL dll sudah menyediakan d\fasilitas ini dibeberapa kota. Kelemahan sitem ini adalah kecepatan akses internet sangat tergantung dari jarak ke BTS terdekat operator yang kita pakai.

C. TUJUAN ALAMAT IP DAN HUBUNGANNYA NAMA DOMAIN
Internet
Fungsi IP address adalah memberikan suatu identitas kepada host agar dikenali oleh jaringan. Seperti halnya rumah, maka IP address adalah alamat dari rumah tersebut yang digunakan sebagai sarana identitas terhadap lingkungan. Sehingga si A mau mengirimkan surat ke si B, maka surat tersebut dapat dipastikan tidak akan sampai ke si C.
IP Address disuatu network tidak boleh sama, badan yang berwenang menangani pengaturan IP Address adalah IANA(Internet Assigned Numbers Autority). Badan ini berhak memberikan pengaturan IP address, pada Linux dapat dilakukan dengan 2 cara yaitu cara permanen dan cara tidak permanent.

Perbedaan IP statis dan IP dinamis :
IP statis yaitu IP yang dedicated dengan sebuah PC, computer atau perangkat networking lain (misal router). Alamat IP statik adalah sebuah pemberian alamat IP yang tidak pernah berubah. Alamat IP statik memberikan informasi kepada mesin lain (seperti email server, web
server, dll). Blok alamat IP statik mungkin diberi oleh ISP anda, baik dengan permintaan atau otomatis bergantung pada cara anda hubungan ke Internet.penting karena server memakai alamat IP ini dan mungkin mempunyai pemetaan DNS menunjuk kepada server tersebut, dan biasanya IP dinamis yaitu IP yang didapatkan oleh computer/router lain dari sistem DHCP nya, IP yang didapatkan oleh PC ini bisa berubah-ubah. Alamat IP dinamik diberikan oleh ISP untuk node yang tidak permanen terhubung ke Internet, seperti komputer di rumah, komputer yang menggunakan sambungan dial-up. Alamat IP dinamik diberi secara otomatis menggunakan protokol Dynamic Host Configuration Protocol (DHCP), atau Point-to-Point Protocol (PPP), bergantung pada tipe sambungan Internet. Node yang menggunakan DHCP terlebih dulu meminta alamat IP dari jaringan, dan otomatis mengkonfigurasi antar muka jaringannya. Alamat IP bisa diberi secara acak dari sebuah kumpulan alamat IP dari ISP anda, atau mungkin diberi menurut sebuah kebijakan.Alamat IP yang diberi oleh DHCP berlaku untuk waktu yang ditetapkan (dikenal sebagai waktu sewa / leased time). Node harus memperbarui sewa DHCP sebelum waktu sewa berakhir. Segera setelah memulai lagi, node mungkin menerima alamat IP yang sama atau yang berbeda dari kumpulanalamat IP yang tersedia.
Alamat IP dinamik cukup populer diantara Internet Servis Provider, karena memungkinkan mereka memakai lebih sedikit alamat IP daripada jumlah total pelanggan mereka. Mereka hanya memerlukan alamat bagi masing-masing pelanggan yang aktif di suatu saat. Alamat IP yang dapat di routing secara global membutuhkan biaya, dapat dihancurkan secara global IP berharga uang, dan beberapa authoritas untuk alokasi alamat (seperti RIPE, RIR dari Europa) sangat keras dalam penggunaan alamat IP untuk ISP. Memberi alamat IP secara dinamik memungkinkan ISP untuk menghemat uang, dan mereka sering akan meminta tambahan yuang ke pelanggan yang meminta alamat IP statik.
IP Address dan DNS

Nama dan alamat maya di internet
Terminologi
Istilah IP address dan DNS dalam topologi jaringan komputer seringkali membingungkan dan rumit bagi sebagian pengguna dan bahkan menurut saya barangkali memang bukan sesuatu yang harus dipahami oleh setiap pengguna internet. Namun begitu tidak ada salahnya untuk sedikit mengetahuinya dan untuk itu saya ada sedikit catatan praktis yang sederhana berkenaan dengan tema ini.
Berinternet artinya menghubungkan komputer kita dengan ‘komputer’ lain melalui jaringan global.
Terhubungnya komputer kita dengan komputer jaringan atau host dikarenakan adanya ‘persetujuan bersama antara komputer kita dengan komputer jaringan’ atau terpenuhinya syarat-syarat utk saling berhubungan antara 2 komputer atau lebih tersebut, yang dalam bahasa resminya dikenal istilah ‘internet protocol’ atau disingkat IP. Untuk saling setuju dan terhubung maka setiap komputer harus memiliki identitas, dalam hal ini identitas tersebut berupa sebuah alamat protokol internet atau disingkat IP address.
Menurut ketentuan standar saat ini yaitu TCP/IPv4 setiap komputer atau localhost apapun jenisnya; bisa berupa laptop, deskstop, PDA, celluler phone dan sebagainya, dimanapun lokasinya dibelahan dunia ini telah memiliki alamat default yang telah ditetapkan yaitu 127.0.0.1. Alamat 127.0.0.1 akan menjadi identitas setiap perangkat yang akan terhubung ke internet. Jadi semacan ‘akte kelahiran digital’.
Sementara setiap komputer jaringan atau host memiliki IP address unik tersendiri yaitu berupa angka desimal, maksimal 3 digit, yang terbagi dalam empat kelompok atau oktet, standard yang baru yaitu TCP/IPv6 mempersyaratkan enam oktet.
Frmat IP address dianalogikan:
xxx.xxx.xxx.xxx
Satu oktet ‘xxx’ mengandung nilai maksimal 2^8 = 256 (2^8 berdasar kepada nilai maksimal dari 8-bit bilangan biner). Angka 2 mewakili dua angka biner yaitu angka 0 dan angka 1. Jadi satu oktet mengandung nilai mulai dari 000 hingga 255 atau sebanyak 256 alamat sehingga total IP address yang bisa dialamatkan adalah 000.000.000.000 sampai 255.255.255.255. Hal ini juga menunjukan betapa banyaknya alamat host yang dimungkinkan dari kombinasi angka-angka tersebut yaitu 256x256x256x256 = 4.294.967.296
Kita ambil contoh dari suatu komputer jaringan yaitu search engine Google, dalam hal ini alamat host-nya direpresentasikan dalam bahasa hypertext menjadi http://www.google.com dimana IP address-nya 66.102.9.104 yang merupakan satu dari 4.294.967.296 kemungkinan alamat host menurut standard IPv4.

Proses koneksi ke internet
Contoh; koneksi ke http://www.google.com
Alamat http://www.google.com merupakan domain name (DN) dimana IP address-nya ialah 66.102.9.104. Penggunaan nama domain atau domain name (DN) bertujuan supaya mudah diingat. Alamat http://www.google.com yang terdiri dari huruf-huruf alphabet tampak lebih mudah diingat dari pada susunan angka-angka 66.102.9.104.
Anda dapat mengunjungi hcidata untuk melihat konversi antara IP address terhadap domain name (DN). Bila Anda memasukan ‘www.goole.com’ maka didapat IP address 66.102.9.104 dan karena alamat ini bersifat dinamik bisa juga 66.102.9.99 atau serangkaian anka-angka lainnya sesuai standard IPv4. Sebaliknya bila anda memasukan IP address 66.102.9.104 atau 66.102.9.99 maka pencarian tidak akan menemukan ‘www.goole.com’ hal ini menunjukan bahwa IP address tidak serta merta menunjukan domain name (DN) dikarenakan sifat dinamik tadi.
Diantara ‘kita’ yang beralamat di 127.0.0.1 dan “Google’ yg beralamat di 66.102.9.104 harus ada ‘dia’ ISP atau Iinternet Service Provider sebagai penyedia layanan penghubung. ‘Dia’ kita misalkan koneksi broadband Matrix (Indosat) dimana salah satu IP dinamiknya adalah 12x.1xx.20x.3x. Pertama 127.0.0.1 request kepada 12x.1xx.20x.3x untuk memohon hubungan internet, tentu saja persyaratan pulsa hrs dipenuhi terlebih dahulu, bila persyaratan dipenuhi (pulsa dan sinyal) maka komputer atau perangkat kita ‘terbuka’ dan siap menuju 66.102.9.104 selanjutnya terjadilah hubungan internet ‘kita’ dan ‘Google’.
IP Address dinamik bertujuan untuk keamanan, jadi bisa berubah setiap saat sesuai standard IPv4. Sementara domain name (DN) tetap. Google tentu saja akan tetap ingin dikenal sebagai Goole apapun alamatnya, begitu juga Microsoft, Yahoo dan sebagainya. Sebagaimana manusia, ‘nama’ kita tetap tidak akan berubah meskipun kita berpindah ‘alamat’ berkali-kali.
Internet kenyataanya hanya memahami angka-angka dari IP address, lalu siapa yang menerjemahkan angka-angkat tersebut dari sebuah domain name (DN) ? Sang penerjemah tersebut adalah DNS. DNS singkatan dari Domain Name System atau Service, Server. DNS dimiliki sebagai otoritas oleh ISP atau server. Sebagai contoh DNS dari Matrix (Indosat) adalah 202.152.161.227, melalui DNS inilah kita bisa koneksi ke internet dengan mudah tanpa dipusingkan deretan angka-angka alamat. Sekalipun begitu banyak penyedia DNS, selain ISP, yang mengijinkan pengguna internet untuk menggunakannya secara umum.
Beberapa alasan pihak ke-3 bersedia menyediakan DNS:
1. Tujuan komersil seperti misalnya jaminan keamanan dan kecepatan yang lebih baik.
2. Tujuan lain adware.
3. Tujuan membatasi atau memfilter atau memblokir koneksi ke portal-portal atau web tertentu karena alasan etika.
Goole memiliki public DNS yang dapat digunakan secara umum dan tentu saja gratis yaitu melalui setingan:
Prefered DNS server: 8.8.8.8
Alternate DNS server: 8.8.4.4
NOTE:
Konfigurasi IP address untuk LAN dan penggunaaan modem DSL atau tehnologi xDSL, Mikrotik dan lainnya tentu berbeda dan di luar pembahasan.
Penggunaan public DNS tertentu dapat merubah struktur web browser anda.
Sebagian pengguna internet seringkali melindungi IP address-nya guna menghindari upaya penyalahgunaan oleh pihak lain seperti para hacker atau phisher. Ada 2 cara yaitu 1. Dengan software IP hider atau 2. Melalui online IP hider seperti IPShade – Hide IP atau Online hide ip address!
D. FITUR DARI BROWSER DAN IDENTIFIKASI
DARI ALAMAT WEB
FITUR WEB BROWSER
Bagian – bagian dari fitur web browser adalah sebagai berikut:
Active content digunakan untuk meningkatkan functionality atau menambah kemudahan disain dimana halaman web didasarkan pada scripts yang mengeksekusi program pada web browser. Scripts inilah yang sering digunakan untuk download atau mengeksekusi kode-kode/script yang beresiko pada komputer pengguna. Tidak selalu JavaScript dan and active content berbahaya meskipun merupakan cara yang umum digunakan oleh penyusup. Sementara itu cookies mungkin sekali mengkoleksi dan menyimpan informasi selama pengguna menjelajahi internet.
Session cookies menyimpan informasi selama pengguna menggunakan browser.
Bookmark manager merupakan petunjuk kesuatu URL dan hampir semua web browser mendukung fitur ini. Mempermudah dalam melakukan katalog dan akses pada suatu halaman web yang telah atau akan dikunjungi tanpa harusmengingat URL-nya.
Fasilitas Caching dari isi halaman web memungkinkan misalnya halaman web dan gambarnya dengan tujuan untuk mereduksi penggunaan bandwidth, mengurangi kesibukan web server, mencegah terjadinya lag. Browser mendukung berbagai tipe media melalui plugin seperti Macromedia Flash dan QuickTime.
Fitur autocompletion pada pengisian alamat URL dan pengisian data pada form form data merupakan fitur yang disediakan oleh banyak text editors, word processor, dan tentunya web browser. Fitur ini mempunyai kemampuan memprediksi kata atau frase yang mungkin akan diketikan oleh user tanpa user harus mengetik secara lengkap.
Tabbed document interface (TDI) merupakan fitur yang banyak dijumpai pada perangkat lunak berbasis grafis (graphical user interfaces (GUI)), sebuah TDI memungkinkan beberapa dokument ditampilkan pada satu jendela, dan menggunakan tab sebagai alat navigasi. Kemampuan web browser dalam menanggulangi iklan pop-up yang sering muncul jika kita membuka jendela baru, juga perlu dipertimbangkan. Selain itu adakah kemampuan advert filtering yaitu kemampuan untuk mencegah munculnya isi yang bersifat iklan pada suatu halaman web? Atau adakah kemampuan mencegah phishing yaitu kegiatan kriminal yang umumnya berusaha menumpulkan informasi penting dan sensitive misal password atau nomor kartu kredit. Kebanyakan phishing dilakukan menggunakan email atau instant message.

KOMPONEN-KOMPONEN WEB
Komponen atau bagian-bagian yang harus ada dalam sebuah website sehingga situs atau website tersebut dapat online dan berfungsi dengan baik. Berikut adalah komponen-komponen website:
A. DOMAIN
Domain adalah nama unik yang diberikan untuk mengidentifikasi alamat (IP address) server komputer seperti web server atau email server di internet.Domain memberikan kemudahan pengguna internet untuk melakukan akses ke server dan memudahkan mengingat server yang dikunjungi dibandingkan harus mengingat sederetan angka-angka IP Address.Domain memiliki beberapa level, yaitu:
1. Top Level Domain adalah deretan kata dibelakang nama domain seperti:.com (dotcommercial).net (dotnetwork).org (dotorganization).edu (doteducation).gov (dotgoverment).mil (dotmilitary).info (dotinfo)dllAda dua macam Top Level Domain, yaitu Global Top Level Domain (gTLD) dan Country Code Top Level Domain (ccTLD). gTLD adalah seperti yang pada di list diatas dan ccTLD adalah TLD yang diperuntukkan untuk masing-masing negara, seperti Indonesia dengan kode ID (co.id, net.id, or.id, web.id dst) atau Malaysia dengan kode MY (com.my, net.my, dst).
2. Second Level Domain (SLD) adalah nama domain yang anda daftarkan. Misalnya nama domain yang anda daftarkan adalah domainku.com, maka domainku adalah SLD dan .comnya adalah TLD.
3. Third Level Domain adalah nama setelah Second Level Domain . Misalnya nama domain yang anda miliki adalah domainku.com, maka anda dapat menambahkan nama lain sebelum domainku, yaitu mail.domainku.com atau estrex.domainku.com. Adapun layanan yang menjual third level domain salah satunya adalah enom dengan : .us.com, .br.com, .cn.com, dst. Atau yang gratis seperti co.cc, cz.cc dst.
B. HOSTING
Hosting adalah space harddisk dalam komputer server yang digunakan untuk penyimpanan database, email dan file web. Ada banyak spesifikasi hosting, tetapi beberapa yang penting adalah:
– Space / kapasitas hosting: Ini adalah besarnya data yang bisa Anda taruh di hosting. Ukurannya adalah Megabytes, Gigabytes, Terabytes.
– Bandwidth atau besarnya kuota transfer data per bulan. Ukurannya adalah Megabytes/bulan, Gigabytes/bulan, Gigabytes/bulan. Bandwidth ini direset ke nol tiap bulannya
.- Jumlah database: Ini adalah menentukannya banyaknya database yang bisa Anda buat / taruh di hosting.
– Jumlah addon domain: Banyaknya domain lain yang bisa Anda tambahkan ke hosting.
– Jumlah akun email: Banyaknya akun email yang bisa Anda buat.
C. SERVER WEB
Server web atau peladen web dapat merujuk baik pada perangkat keras ataupun perangkat lunak yang menyediakan layanan akses kepada pengguna melalui protokol komunikasi HTTP atau HTTPS atas berkas-berkas yang terdapat pada suatu situs web dalam layanan ke pengguna dengan menggunakan aplikasi tertentu seperti peramban web.
Penggunaan paling umum server web adalah untuk menempatkan situs web, namun pada prakteknya penggunaannya diperluas sebagai tempat peyimpanan data ataupun untuk menjalankan sejumlah aplikasi kelas bisnis.Fungsi utama sebuah server web adalah untuk mentransfer berkas atas permintaan pengguna melalui protokol komunikasi yang telah ditentukan. Disebabkan sebuah halaman web dapat terdiri atas berkas teks, gambar, video, dan lainnya pemanfaatan server web berfungsi pula untuk mentransfer seluruh aspek pemberkasan dalam sebuah halaman web yang terkait; termasuk di dalamnya teks, gambar, video, atau lainnya.Pemanfaatan server web saat ini tidak terbatas hanya untuk publikasi situs web dalam World Wide Web, pada prakteknya server web banyak pula digunakan dalam perangkat-perangkat keras lain seperti printer, router, kamera web yang menyediakan akses layanan http dalam jaringan lokal yang ditujukan untuk menyediakan perangkat manajemen serta mempermudah peninjauan atas perangkat keras tersebut.
E. CARA PENCARIAN YANG EFEKTIF DI WEB
Metode pencarian dibagi menjadi dua yaitu metode pencarian Biasa dan Advanced Search. Bedanya pada metode Advanced Search anda bisa lebih mengkhususkan pencarian dengan proses filtering seperti language (bahasa), region (wilayah), last update (rentang waktu update), terms appearing (tempat dimana kata kunci tampil), file type (tipe ekstensi file),dll. Sebenarnya pada pencarian Biasa pun juga bisa dan disini nanti anda akan belajar menggunakannya.
Berikut ini berbagai cara pencarian efektif di Search Engine Google. Ketikkan pada kotak pencarian:
1.Mencarilah secara spesifik
YA! ini mungkin kesalahan terbesar orang yang jarang pakai google. Jika melakukan pencarian informasi selalu tidak spesifik. Misalkan anda sedang mencari informasi berupa keyword (kata kunci) teknologi, tapi informasi teknologi apa? Apakah kemajuan teknologi ataukah perkembangan teknologi ? Ada beragam kemungkinan tentang teknologi.
Sebagai contoh anda sedang mencari informasi tentang kemajuan teknologi. Tulislah kemajuan teknologi untuk mencari di google. Jika anda hanya mengetikkan teknologi, google kemungkinan BESAR tidak akan memberikan hasil yang relevant kepada anda.
Cara mencari informasi spesifik adalah yang terbaik, bahkan kalau perlu gunakan sampai lebih dari lima kata
2. Gunakan keyword berbeda tapi artinya sama
Bagaimanapun informasi di internet itu dibuat oleh manusia. Cara manusia mengungkapkan sesuatu yang sama, bisa saja dengan bahasa yang berbeda. Misalnya: membuat komputer, bisa saja ada orang yang menulis artikel membuat komputer dengan ejaan lain semacam merakit komputer atau membuat pc.
Jadi jika pencarian informasi anda tidak kunjung berhasil coba pikirkan keyword-keyword lain yang kiranya artinya sama. Trik google yang satu ini membutuhkan kemampun anda dalam berbahasa, ya katakanlah semacam sinonim.
3. Malu Bertanya Sesat di jalan
Jika anda sedang menggunakan google untuk menjawab pertanyaan? Cobalah juga gunakan kalimat tanya untuk melakukan pencarian informasi. Contohnya seperti dibawah ini:
Siapa itu Adolf hittler
Apa rumus pytaghoras
Bagaimana cara menggunakan proxy
Bagaimana cara menggunakan google
Hasilnya dengan trik google yang satu ini adalah selain lebih relevan juga pertanyaan anda langsung terjawab bukan ?
4.Paksa Google dengan tanda kutip
Umpamanya google anda suruh-suruh untuk mencari informasi kematian tokoh manga. Dia mungkin tidak akan memberikan hasil persis sesuai yang kita minta. Hasil pencarian mungkin akan menjadi seperti ini kematian bla bla bla.tokoh di manga blabla. OK! hasil seperti itu memang tidak bisa disalahkan karena ada faktor lain daripada hanya sekedar rangkaian keyword dalam menentukan informasi yang relevan.
Nah supaya menghasilkan pencarian informasi sesuai rangkaian keyword yang diinginkan. Gunakan salah satu trik google yaitu tanda kutip ( keyword ) menjadi kematian tokoh manga. Dengan cara seperti ini akan mengurangi hasil pencarian ditambah informasi yang ditampilkan akan semakin relevan
5.Gunakan tanda plus (+) dan Min (-)
Bukan hanya di aritmatika ada penjumlahan dan pengurangan. Google juga bisa kok. tentu saja fungsinya juga sama. Rahasia Google ini sangat jarang padahal sudah jelas-jelas ditulis di bagian HELP.
Tanda (+)
Untuk menambahkan kata yang ingin dicari pada pencarian informasi. misalkan kematian tokoh manga (ingat pakai tanda kutip) lalu khusus untuk tokoh naruto saja. Maka cukup anda tulis di kematian tokoh manga +naruto. Hasilnya selain mencari keyword kematian tokoh manga google juga akan menempatkan hasil pencarian teratas jika ada keyword naruto.
Tanda(-)
Tentu saja digunakan untuk mengurangi hasil pencarian. Lalu apa gunanya? kenapa kita harus mengurangi hasil pencarian.Ini dikarenakan google mengindex semua halaman yang dianggapnya penting. Tidak peduli apakah itu sebenarnya hanya iklan, berita, bookmarking dsb.
Coba anda bayangkan kita akan mencari soal psikotes. tapi yang muncul hanya iklan dari orang yang menjual soal psikotes. Maka dari itu dan oleh karena itu kita gunakan tanda untuk menghilangkan iklan. Menjadi soal psikotes -iklan.
Bisa juga anda menggunakan google supaya tidak mencari di situs tertentu. Terutama situs iklan baris atau situs bookmarking semacam digg.com atau lintasberita.com. contohnya soal psikotes site:lintasberita.com
6. Informasi di internet itu bukan hanya website (file html)
Informasi di internet bukan hanya website ada beragam file semacam pdf, doc(ms word) bahkan flv (file video seperti di youtube). Caranya tinggal tambahkan kode filetype:tipe .
Misalnya ingin mencari soal psikotes dalam bentuk file pdf, Ya tinggal ketikkan saja soal psikotes filetype:pdf. Untuk melihat apa saja kode file yang
didukung google bisa dilihat : dihttp://www.google.co.id/advanced_searc…
7. Ada Banyak Jalan menuju Roma
Google memang boleh dikata penguasa dalam penyedia dan alat mencari informasi di internet. Tapi masih banyak media lain yang dapat memberikan informasi. katakanlah yahoo, wikepedia, youtube, ask dsb. Anda bisa menggunakan 7 mesin pencari informasi di internet secara bersamaan dan mendapatkan hasil pencarian yang lebih banyak dan relevan.
(Sumber : internet alamat : http://wiralodra.com/2012/12/cara-mudah-…)

Kita sebagai pengguna internet pasti tau tentang om Google. Google adalah situs pencari informasi lewat internet.
Kita tinggal mengetikkan keyword yang berhubungan dengan informasi yang akan kita cari pada kolom pencarian. Tapi tunggu dulu, terkadang kita mendapat kesulitan. Ada kalanya informasi yang di tampilkan om Google tidak seperti yang kita harapkan. Apalagi informasi yang kita cari itu cukup langka
di internet.
Nah, berikut adalah beberapa cara untuk memudahkan pencarian di google :
1. Download Customize Google
Customize Google adalah sebuah ekstensi firefox yang dapat meningkatkan kinerja untuk mempercepat pencarian kita melalui Google.
2. Gunakan Tanda Kutip
Sesuatu yang kita cari melalui Google bisa lebih akurat jika kita mengetiknya dengan menggunakan tanda kutip “”. Contoh : “Liverpool FC”.
3. Gunakan Sekurang-kurangnya 3 Kata dalam Pencarian
Google akan bekerja lebih efisien ketika kita menggunakan sedikitnya 3 kata dalam pencarian kita. Misalkan: album terbaik sulis. Perlu diingat juga Google ‘hanya’ akan memproses 32 kata terdepan dari semua kata yang kita ketik ketika mencari.
4. Wildcard
Tanda asterisk/bintang (*) berfungsi menggantikan kata yang kita lupa atau kita tidak tahu dan akan membuat pencarian yang kita menjadi lebih akurat. Contoh: “Ketika * Bertasbih” untuk pencarian “Ketika Cinta Bertasbih”.
5. Batasi Hasil Pencarian
Jika kita mencari satu informasi umum tentang subyek tertentu tetapi kita pun ingin dalam pencariannya itu terdapat subyek lainnya yang lebih khusus maka kita bisa menggunakan tanda (-). Dengan tanda (-) kita bisa mendapatkan pencarian yang lebih lengkap. Contoh: FIFA football doping.
6. Mencari Lebih Spesifik Berdasarkan Tipe File
Kita dapat mencari sesuatu lewat Google berdasarkan jenis file seperti apa yang kita inginkan. Misalkan kita ingin mencari file dalam bentuk pdf yang berisi tentang Linux maka kita ketik: filetype:pdf linux.
7. Buat Jumlah Hasil Pencarian menjadi Lebih Rinci
Dengan menambahkan misalkan “&num=3″ di akhir URL address pada address bar setelah hasil pencarian muncul lalu kita tekan enter maka kita bisa membatasi jumlah hasil pencarian kita menjadi 3 saja.
8. Karakter yang Tidak Berguna
Secara umum Google tidak akan memproses pencarian kita jika kita hanya menggunakan satu karakter khusus saja, termasuk tanda “@” . Karakter-karakter yang harus dihindari yang dalam pemakaiannya berdiri sendiri seperti: “;, ,, ., ?, (, ), [, ], @, /, *, .”.
9. Pencarian Langsung Di Website dengan Subyek Tertentu
Kita dapat membatasi hasil pencarian kita hanya pada satu website saja dengan menggunakan “site:” kata kunci, “site: www.nameofthesite.com [kata kunci].”. Contohnya kita ingin mencari informasi tentang AMD dari website erakomputer maka : site:www.erakomputer.com AMD
10. Matikan Filter
Secara default Google mengaktifkan filter spam. Kita dapat menonaktifkannya dengan mengetik “&filter=0″ di akhir URL address pada address bar setelah hasil pencarian muncul lalu kita tekan enter.
11. Sinonim
Tanda (~) jika ditempatkan didepan kata pencarian maka merupakan cara yang cerdas agar kita bisa melihat sinonim dari kata yang kita cari. Meski memang dengan mengetik kata itu langsung pun bisa tetapi terkadang tidak hanya berisi sinonim. Contoh penggunaan: ~vicarious.
12. Pilihan Ejaan
Jika kita bingung akan ejaan suatu subyek kita bisa menggunakan tanda pipa (|), nanti akan ada koreksi dari Google. Contoh penggunaan: Pennant | Pennan.
13. Definisi Suatu Kata
Mencari defini suatu kata kita bisa dengan mengetikkan “define”. Contoh penggunaan : define drupal.
14. Nilai Tukar Mata uang
Tahukah kalau Google juga bisa mengkonversikan nilai mata uang satu negara ke mata uang negara lainnya? Caranya : 1000 rupiahs in dollars. Anda akan kaget ternyata uang seribu rupiah itu hanya bernilai 0.109 U.S. Dollar.
15. Terjemahan
Bagi kita yang kurang menguasai satu bahasa asing, terkadang Google memberikan terjemahan langsung dari satu website. Atau kita pun bisa mengunjungi halaman Google yang khusus untuk menerjemahkan satu website.
16. Preferensi Google
Link preferensi ini terdapat disebelah kanan dari kotak pencarian Google. Kita dapat mengatur setingan untuk halaman mesin pencari kita.
17. Google News
Link yang berisi update berita terbaru dari penjuru dunia
18. Berita dunia
Dari halaman Google News kita dapat pula mencari berita-berita terbaru dari beberapa negara, seperti Jerman, Kanada, Chili dan lainnya.
19. Mencari Ukuran Gambar yang Tepat
Jika kita sedang mencari suatu gambar maka coba gunakan Google Images, lalu ketik gambar apa yang kita cari. Dengan Google Images kita juga dapat mencari file gambar yang ukurannya sesuai.
20. Google Advanced Images Search
Di Google Images kita dapat juga menggunakan pencarian yang dapat kita atur sendiri sehingga kita benar-benar mencari apa yang kita inginkan.

F. RESIKO DAN MANFAAT JEJARING SOSIAL
the-internet
Dampak Positif

• Sebagai tempat promosi Dengan banyaknya orang yang menggunakan jejaring sosial, membuka kesempatan kita untuk mempromosikan produk/jasa yang kita tawarkan
• Ajang memperbanyak teman, Dapat menambah teman baru maupun relasi bisnis dengan mudah
• Sebagai media komunikasi, Mempermudah komunikasi kita dengan orang-orang, baik dalam maupun luar negeri Tempat mencari informasi, Banyak juga instansi pencari berita yang menggunakan media sosial sebagai media penyeberannya
• Tempat berbagi, Dengan fitur yanga ada pada media sosial kita dapat dengan mudah saling bertukar data baik berupa foto, dokumen, maupun pesan suara
Dampak Negatif
• Munculnya tindak kejahatan, Banyak juga orang yang menggunakan media sosial sebagai alat untuk melakukan kejahatan seperti contohnya penculikan dan penipuan
• Mengganggu hubungan antar pasangan, Media sosial juga dapat memicu kecemburuan antar pasangan jika memang pasangan itu berhubungan yang tidak wajar dengan orang lain
• Menimbulkan sifat candu, Media sosial juga dapat menimbulkan candu yang dapat mengakibatkan sifat penggunanya menjadi autis atau lebih menutup diri pada kehidupan sekitar
Seperti itulah dampak negatif dan positif dari penggunaan media sosial, tetapi semua kembali lagi kepada orang yang menggunakannya. Media sosial hanyalah alat pengubung dan kita selaku pengguna harus menggunakannya dengan baik dan bijak.

 

http://woocara.blogspot.com/2015/02/penhttps://201062b0010106susanhartini.wordpress.com/2012/06/22/fungsi-utama-ip-address/

http://www.kursuswebpro.com/tips-online/163-cara-efektif-pencarian-di-search-engine-google.html

http://smadangawi.sch.id/doc.smada.cara-mudah-mencari-informasi-yang-efektif-dan-efisien-di-google/

http://nusindo.co.id/dampak-positif-dan-negatif-menggunakan-sosial-media/

http://bukukotakkotak.blogspot.com/2013/12/dampak-positif-dan

gertian-internet-dan-sejarah-internet.html#ixzz40OkF4Jxm\

www.helpwithpcs.com

 

www.wisegeek.com

 

http://teoriinternett.blogspot.co.id/2013/02/pengertian-jenis-jenis-browser-dan.html

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *